Author Archives: salmanalfaris

About salmanalfaris

A man who can't be moved ....... from Juventus.

Mesakke Bangsaku Jakarta

Image

Dulu gue ga pernah tau apa itu standup comedy. Sampai suatu saat gue ga sengaja melihat acara tersebut di salah satu stasiun televisi di negeri ini. Saat itu, sebut saja Mr. X, Mr. Y dan Mr. Z sedang melakukan standup. Dari si X sampai dengan Z, gue tidak mendapatkan apa yang disebut menarik dari acara tersebut.

Bahkan gue pun tidak tau siapa itu Pandji Pragiwaksono saat itu. Pada acara tv KENA DEH pun gue masih belum tau siapa host acara tersebut :))) Sampai gue akhirnya terheran heran dengan sosok dia ketika mendengar dia sebagai seorang entertainer di negeri ini mengeluarkan pendapat dia yang kontroversial, yaitu mengenai Legalisasi Ganja..!!! Tiba-tiba gue berkata dalam hati, “Ini orang dateng darimana ya kok tiba2 berani bilang legalisasi ganja di Indonesia?”.

Sampai akhirnya beberapa tahun kemudian, gue diberi kesempatan untuk bergabung dengan sebuah tim bernama @BedebahFC yang beberapa diantaranya adalah comic (comic adalah penyebutan dari seorang standup comedian). Dan disitulah gue bertemu langsung dengan orang yang bernama Pandji. Melalui Bedebah FC ini pula, gue berusaha memahami, bagaimana kehidupan seorang comic dan cara mereka bersosial kepada orang lain, serta berusaha melihat lebih jauh seperti apa Standup Comedy itu melalui video2 di youtube.

OPENING by ARIEF DIDU

ImageMalam Sabtu, 21 Desember 2013, gue pertama kalinya melihat secara langsung, acara standup comedy bertema Mesakke Bangsaku di Taman Ismail Mazuki. Acara tersebut dibuka oleh seorang comic bernama Arief Didu, comic pertama kali yang gue tonton di youtube pada saat gue ingin mengenal lebih jauh mengenai standup comedy. Gue alhamdulillah diberi kesempatan untuk mengenal Bang Arief lebih dekat di Bedebah FC. Kebanyakan materi yang dia bawa itu adalah karakter dia dalam kehidupan sehari hari setiap video yang gue tonton. Pribadinya yang lucu dan sederhana, membuat semua orang suka bercanda terhadap dia, tapi tetap menghormati sebagai seorang senior (atau dengan kata lain, orang tua :p).

Bang Arief seperti biasa, tampil dengan gaya khasnya, membuat penonton tertawa dengan ceritanya. Kekhasan Arief Didu ini adalah materi dia yang lebih kepada pandangan orang lain terhadap dirinya,baik dari sifat maupun performa dia dalam kehidupan sehari-hari. “Pernah gue datang ke Metro TV untuk isi acara, eh tiba2 di depan sekuriti nyetop gue dan blg, “Kalo studio untuk penonton arah sana Mas…”” Atau cerita dia mengenai banyak orang/produser acara menelpon dirinya hanya untuk bertanya nomor telpon comic yang lain. “Lah, gue ini juga comic Nyeeett…” :))))

PERTUNJUKAN DIMULAI

Image

Dan tibalah pada sang bintang acara malam itu, Pandji Pragiwaksono. Sesuai judul show dia, Mesakke Bangsaku, yang dalam bahasa jawa berarti Kasian Bangsaku, mempunyai pesan dan cerita bahwa Pandji mengajak kita untuk merenungkan kondisi negeri ini dengan segala kurang dan lebihnya. Bahwa dia mengatakan kalau Indonesia ini tidak toleran terhadap kaum-kaum minoritas di negeri ini adalah benar. Yang menurut gue paling “menampar” kita adalah mengenai gimana sistem pendidikan di bangsa ini yang menyedihkan. Pada saat Pandji menceritakan pengalamannya bagaimana dia ditertawakan oleh gurunya di depan umum, gue seketika itu diam. Gue diam bukan karena bit Pandji ga lucu, tapi gue tiba-tiba merenung, benar juga apa yg Pandji bilang. Gue dulu dateng ke sekolah selalu ada yang namanya hari mencekam, hari dimana gue dan banyak teman2 gue takut dengan mata pelajaran itu. Bukan mata pelajarannya yang gue ga suka, tapi gue takut dengan gurunya, yang kalau kita salah menjawab, sang guru akan marah dan membuat malu muridnya di depan umum. Belum lagi karakter masyarakat di Indonesia ini yang lebih memilih uang daripada pendidikan.

Dari banyak bit yang Pandji kirim ke audiences kemarin, gue berikan apresiasi tinggi kepada Pandji yang hampir semua materinya lebih ke arah bentuk kepedulian sosial dia atas apa yang ada di negeri ini. Dia tidak hanya menyampaikan fakta yang jelas terlihat di mata kita, tapi dia juga membuat kita berpikir dan merenungkan tentang hal itu. Jujur, gue langsung berpikir, gimana nanti kalau gue sudah punya anak, dan anak gue harus menghadapi hal-hal itu semua? Anak gue takut berangkat ke sekolah karena dia takut oleh gurunya!! Guru yang harusnya jadi pemimpin muridnya bukan menjatuhkan, guru yang harus membimbing muridnya, bukan menertawakan dan guru yang harus mencerdaskan, bukan membuat jadi bego!

Dari show Mesakke Bangsaku kemarin, gue bisa mengambil kesimpulan. Standup comedy yang Pandji bawakan sangatlah berbeda dengan beberapa yang pernah gue lihat. Materi yang dia bawa inshaAllah gue yakin, bahwa dia membuat itu dengan melakukan riset dan kajian yang sangat komperehensif. Sangat berkelas sekali, seorang entertainer membahas masalah pendidikan di Indonesia yang sangat kompleks, dengan pertunjukan yang lucu, mudah dicerna dan yang paling penting, membuka mata dan pikiran kita. Dengan membandingkan sistem pendidikan kita dengan Finlandia, artinya kita harus sadari bahwa kita masihlah jauh dari kata merdeka dalam segala aspek.

KESIMPULAN

Overall, Mesakke Bangsaku buat gue pribadi adalah pertunjukkan terbaik yang pernah gue tonton. Gue pulang dengan bahagia setelah komedi Pandji mengguncang gedung, dan gue pun merenung sampai sekarang atas apa yang dia sampaikan mengenai pendidikan di negeri ini. Gue acungkan jempol untuk Bang Arief, sebagai opener, dia layak berdiri di panggung gedung terbaik di Jakarta malam itu dengan menghibur kita semua. Pandji telah melakukan pilihan yang tepat untuk memberikan kehormatan kepada Bang Arief untuk membuka acara Mesakke Bangsaku.

Mungkin ada 1 hal yang ga semua orang tau mengenai hal ini, dan ini sangat penting untuk gue, dan orang lain ketahui mengenai Pandji Pragiwaksono. Sebutlah seorang teman bernama Fuad, yang membantu acara Pandji dari awal sampai dengan akhir bercerita ke gue sebelum Mesakke Bangsaku dimulai. Bang Fuad bercerita ke gue, bahwa Pandji memaksa sekali untuk tampil di gedung teater Taman Ismail Marzuki, padahal sebagai pelaksana detail urusan acara, Bang Fuad bilang bahwa gedung tersebut adalah gedung termahal, teribet, tersusah dan segala ter ter ter lain yang sering membuat orang kesal. Belum lagi gimana Pandji harus meyakinkan dewan kesenian untuk bisa tampil disitu. Gue ga tau ya mengenai komersialnya, tapi yang pasti pendapatan yang diperoleh pasti akan jauh lebih kecil karena mahal dan ribetnya gedung itu. Tapi dibalik itu semua, Pandji mempunyai tujuan tersendiri. Dia ingin membuktikan bahwa Pandji yang dulu pernah ditertawakan guru dan teman-temannya, sekarang bisa berdiri di panggung gedung termegah di Jakarta, bahkan di Indonesia. Selain itu, dia ingin sekali mendukung comic2 lain pada khususnya bahwa mereka mampu melakukan apa yang telah Pandji lakukan malam itu. Excellent…!!!

Pandji membuktikan bahwa peduli terhadap bangsa tidak melulu bicara mengenai kampanye politik. Gue salut dengan dia, orang yang dulu membuat gue heran karena legalisasi ganjanya :p Dan sekarang gue paham, setiap karya seninya adalah hal-hal yang didasari oleh observasi yang kuat terhadap lingkungan sosial  disekitar….

Image

Advertisements

1 Comment

Filed under Fresh from Daily Activity

Pre-Wedding Photo

Kali ini gue mencoba untuk melakukan foto prewedding seorang teman di daerah Sentul. Tema prewed-nya mendadak, tapi sebenarnya kita menemukan tempat yang bagus untuk foto-foto. Tapi permasalahannya adalah, kita datang disaat yang ga tepat karena weekend dan dipadati oleh keramaian :s

Image

H&F Watermark

HF3

Leave a comment

Filed under Fresh from Daily Activity

Forza Juventus, Forza Serie A

Ada artikel menarik dari kolom goal.com hari ini. Judulnya pun spektakuler: “Mengapa Barcelona Harus Khawatir Dengan Juventus“.

Untuk satu dekade ini, jika berbicara mengenai sepak bola, orang-orang pasti setuju bahwa dominasi Barcelona dan timnas Spanyol sedang berjaya. Dan minggu lalu pun kita saksikan kedigdayaan Barcelona sebagai tim kuat kembali ditunjukkan dengan mengalahkan tim kuat dari Italia, AC Milan dengan skor yang sangat telak, 4-0. Dan begitu istimewanya Barca, sampai-sampai saya sebagai fans berat Juventus merasa bangga jika sebuah tim selevel Barca harus waspada dengan kehadiran Juventus di babak 8 besar Liga Champions nanti. Berikut ini artikel yang dimuat oleh Goal.com:

————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————-

Juventus bisa jadi mengusung misi balas dendam atas nama Milan jika berpasangan dengan Barcelona di perempat-final Liga Champions.


El Mundo Deportivo kemarin menulis, Barcelona harus menghindari Juventus di babak perempat-final Liga Champions pekan ini.

Bukan tanpa alasan harian Spanyol itu menulis demikian. Juventus memang menjadi salah satu ancaman laten bagi tim mana pun di babak delapan besar.

JUVENTUS DALAM ANGKA
Di Liga Champions
720 Jumlah menit bermain terbanyak pemain Juventus, yaitu Leonardo Bonucci, yang artinya dia selalu bermain di setiap laga di Liga Champions musim ini.
17 Gol yang diciptakan Juventus sepanjang mengikuti kompetisi di Liga Champions musim ini. Rata-rata gol yang dicetak di setiap laga adalah 2,13 gol. Tidak ada satu gol pun diciptakan lewat titik putih penalti.
4 Fabio Quagliarella menjadi topskor sementara buat Juventus. Empat gol tersebut diciptakan hanya dalam rentang waktu 248 menit, yang artinya Quagliarella mencetak satu gol tiap 62 menit. Koleksi golnya masih kalah dari Burak Yilmaz dan Cristiano Ronaldo, dengan delapan gol
3 Arturo Vidal dan Andrea Pirlo menjadi duet assist terbaik di Juventus, masing-masing dengan tiga assists.
2 Gelar juara Liga Champions yang sudah dikoleksi Juventus hingga musim ini.
0 Jumlah kekalahan Juventus di ajang Liga Champions musim ini.

Lupakan sejenak bahwa Juventus terhitung tim minim pengalaman di Liga Champions, mengingat dalam beberapa musim terakhir mereka selalu absen. Faktor pengalaman yang dimiliki pemain juga patut diragukan.

Faktanya, di luar para pemain veteran yang masih ada di Juventus, hampir sebagian besar pemain Juventus baru merasakan petualangan berlaga di Liga Champions untuk pertama kalinya di musim ini. Bahkan saking awamnya, Juventus dan pemain mereka nyaris tersingkir di awal kompetisi dari Chelsea dan Shakhtar Donetsk.

Namun, El Mundo Deportivo sepertinya punya alasan kuat menilai Juventus sebagai bahaya besar bagi tujuh tim lainnya. Faktanya cukup mudah, karena mereka tim Italia yang tampil paling meyakinkan di fase sebelumnya.

Celtic sudah merasakan kekuatan Juventus. Di kandang sendiri atau saat tandang, mereka dipermak dengan skor agregate 5-0.

Juventus juga menjadi tim yang paling baik dalam kualitas bertahan mereka. Pemain Antonio Conte bisa menjaga clean sheets di babak 16 besar, sementara favorit juara lainnya seperti Barcelona, Real Madrid dan Paris St Germain, juga Bayern Munich setidaknya sudah kemasukan dua gol.

Juga, Gianluigi Buffon terakhir kali mengambil bola dari gawangnya terjadi pada 24 Oktober tahun lalu, saat melawan Nordsjaelland. Sejak saat itu, Juventus sudah menjalani 491 menit laga tanpa kemasukan. Rekor mereka adalah lima kemenangan dari lima laga, melesakkan 13 gol dan tak kemasukan sama sekali. Meeka juga masih tak terkalahkan di kompetisi ini karena hasil terburuk di fase grup adalah imbang.

Jika melihat barisan pemain bertahan yang dimiliki Juventus, lumrah melihat catatan statistik mereka cukup menjanjikan. Tembok pertama dihuni tiga gelandang, Arturo Vidal, Andrea Pirlo dan Claudio Marchisio. Tak hanya punya kecepatan, mereka juga punya kreativitas dan kemampuan untuk meredam serangan lawan sejak gelombang pertama. Menekan pertahanan lawan juga bisa dimulai dari ketiga pemain tersebut.

Di sisi sayap, Juventus memiliki barisan bek sayap jaminan mutu. Stefan Lichtsteiner, Martin Caceres dan Federico Peluso. Di belakang mereka. Andrea Barzagli, Leonardo Bonucci dan Giorgio Chiellini sudah membuktikan mereka adalah salah satu bek terbaik Italia saat ini. Mau menembus lewat bola udara atau permainan taktis dari kaki ke kaki, ketiganya bisa bekerja sama mematahkan serangan.

Yang terakhir, adalah palang pintu Gianluigi Buffon. Siapapun tahu kualitas pemain ini, peringkatnya di daftar kiper terbaik IFFHS, dan masih disebut dan dikategorikan sebagai kiper terbaik di muka bumi ini.

Dengan kualitas skuat seperti itu, tim sekaliber Real Madrid dan Barcelona harus mengeluarkan kemampuan terbaik mereka untuk bisa menembus pertahanan gerendel, atau yang akrab disebut catenaccio Italia Juventus.

Untuk lini depan, Juventus punya banyak opsi, dan semuanya memiliki kapasitas tersendiri menembus pertahanan lawan. Sebastian Giovinco, Fbaio Quagliarella, Alessandro Matri dan Mirko Vucinic telah mencetak gol krusial di Liga Champions.

Bahkan, ketajaman Juventus tidak hanya didelegasikan pada barisan penyerang mereka. Sejauh ini, sudah ada 15 pemain yang mencetak gol buat Juventus. Catatan ini kurang lebih sama seperti musim lalu, di mana 19 pemain bisa mencetak setidaknya satu gol.

Dan keuntungan lain yang dimiliki Juventus dibanding kontestan perempat-final lainnya adalah tak ada tekanan bagi pemain Conte untuk meraih trofi juara Liga Champions. Mereka adalah tim baru, menembus fase gugur saja sudah menjadi prestasi yang membanggakan. Saat ini, Juventus bisa dikatakan sedang mencari hadiah tambahan untuk melengkapi musim mereka yang luar biasa.

————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————-

Terkait dengan hal tersebut diatas, kita bisa melihat bahwa kali ini Juventus sedang membawa hal penting untuk mengembalikan pamor Liga Italia Serie A. Maka dalam hal, untuk semua fans liga calcio, mari lupakan sejenak rivalitas dan ego atas masing-masing tim yang didukung. Mari bersama-sama memberikan support untuk satu-satunya kontestan Italia yang masih bertahan di UCL, Juventus, sang juara serie A.

FORZA JUVENTUS & FORZA SERIE A…!!!

Leave a comment

Filed under Juventini's Zone

Jual Motor Honda CBR 250 Tahun 2012

Edisi kali ini, saya berniat untuk menjual motor saya yang masih mulus banget semulus jalan tol Cipularang 😀

Kenapa mulus? Ya karena jarang dipake sih, kilometer aja masih ga lebih dari 500 km. body masih kinclon dan yang paling penting, bannya juga masih mantep,,hehehe.. Alesan dijual: Because i need money for preparing my wedding 😀 Serius ini, rencana nikah di akhir tahun ini soalnya. Jadi butuh ekstra uang untuk DP-in ini itu.

Kita mulai spec motor sebagaimana berikut:

Warna : Merah

Tahun : 2012

Kilometer : 550-an

Bulan : Juli

Image

Salah satu penampakan si motor dari samping kanan.

Image

Penampakan dari samping kanan.

Image

Dan ini penampakan dari depan.

Nah, apabila ada yang berminat untuk membeli atau sekedar melihat-lihat terlebih dahulu, silahkan menghubungi saya di nomor 081222201085.

Terima kasiiiiihhh…..

1 Comment

Filed under General

Ahmadiyah dan Konflik Keyakinan

Latar Belakang

Ahmadiyyah (Urdu: احمدیہ Ahmadiyyah) atau sering pula ditulis Ahmadiyah, adalah sebuah gerakan keagamaan Islam yang didirikan oleh Mirza Ghulam Ahmad (1835-1908) pada tahun 1889, di sebuah kota kecil yang bernama Qa di negara bagian Punjab, India. Mirza Ghulam Ahmad mengaku sebagai Mujjadid, al Masih dan al Mahdi. Pengikut kelompok ini di Indonesia membentuk organisasi bernama Jemaat Ahmadiyah Indonesia (JAI), yang telah berbadan hukum sejak 1953 (SK Menteri Kehakiman RI No. JA 5/23/13 Tgl. 13-3-1953).Kelompok kedua ialah “Ahmadiyya Anjuman Isha’at-e-Islam Lahore” (atau Ahmadiyah Lahore). Di Indonesia, pengikut kelompok ini membentuk organisasi bernama Gerakan Ahmadiyah Indonesia, yang mendapat Badan Hukum Nomor I x tanggal 30 April 1930. Anggaran Dasar organisasi diumumkan Berita Negara tanggal 28 November 1986 Nomor 95 Lampiran Nomor 35. Atas nama Pemerintah Indonesia, Menteri Agama, Menteri Dalam Negeri, dan Jaksa Agung Indonesia pada tanggal 9 Juni 2008 telah mengeluarkan Surat Keputusan Bersama, yang memerintahkan kepada penganut Ahmadiyah untuk menghentikan kegiatannya yang bertentangan dengan Islam.

Kondisi di Indonesia

Seperti yang dapat kita saksikan, konflik di lapisan masyarakat mengenai pro dan kontra mengenai jamaah Ahmadiyah di Indonesia semakin “panas” dengan adanya insiden di Bogor, kemudian yang paling parah adalah di Cikeusik, Pandeglang, Banten, yang menimbulkan korban tewas bagi warga Ahmadiyah. Setelah kejadian itu berbagai komentar dari masyarakat bermunculan, ada yang pro dan ada yang kontra. Yang pro tentu saja menyalahkan pemerintah yang gagal melindungi hak warga negaranya dan mengecam aksi kekerasan terhadap warga ahmadiyah. Dan yang kontra sebaliknya menyalahkan keberadaan Ahmadiyah di Indonesia karena diyakini sebagai aliran yang sesat dan menyimpang dari akidah Islam.

Dari sudut pandang hukum, pro dan kontra ini juga timbul di berbagai kalangan ahli hukum di Indonesia dalam mengomentari kasus ini dan kaitannya dengan SKB yang dikeluarkan pada Juni 2008 lalu. Kontroversi mengenai aturan mengenai pelarangan warga Ahmadiyah dalam menjalankan aktivitasnya di negara ini semakin berujung ketika Gubernur Jawa Timur mengeluarkan Surat Keputusan (SK) mengenai pelarangan aktivitas JAI nomor 188/94/KPTS/013/2011 yang kemudian diikuti oleh Gubernur Jawa Barat mengeluarkan SK yg sama. Yang pro beranggapan bahwa adanya SKB Menteri (yang kemudian diikuti SK Gubernur) tersebut sudah melanggar konstitusi yang paling tinggi di negara ini, yaitu Undang-Undang Dasar 1945 (UUD’45), sedangkan di sisi lain yang kontra berpendapat bahwa dengan adanya Ahmadiyah itu sendiri di negara Indonesia telah mencederai peraturan yang sudah ada.

Sesat atau tidak Sesatkah ? ?

Sebelum membahas panjang lebar mengenai sesat atau tidaknya keyakinan, definisi ‘sesat’ menurut saya adalah keluar dari pedoman hidup umat. Kalau anda tersesat di jalan itu dikarenakan anda melenceng dari pedoman rambu jalan yang memandu anda menuju tempat yang ingin anda capai. Begitu pula sebagai manusia beragama, pedoman hidup kita adalah kitab suci. Dalam hal ini sebagai umat Islam, pedoman hidup kita adalah Al Qur’an.

Berbicara mengenai sesat atau tidak sesatnya suatu keyakinan tidak bisa dinilai dengan mudah apalagi mendasarkan pada sebuah peraturan duniawi. Untuk sebuah keyakinan yang sudah berdiri sejak ratusan tahun, bahkan ribuan tahun yang lalu, pedoman hidup bagi setiap umat adalah Kitab Suci yang dimilikinya. Apa yang tertulis dalam kitab tersebut adalah apa yang harus kita yakini untuk mencapai tujuan sebagai umat beragama.

Dalam konteks Ahmadiyah ini, yang mana mengaku sebagai bagian dari Islam, haruslah dikembalikan kepada Al-Qur’an nul Karim sebagai pedoman yang benar bagi umat muslim di seluruh dunia. Dalam Kitab Suci Ahmadiyah, Tazkirah, karya-karya Mirza, seperti al-Istifta’, Mawahib ar-Rahman, Maktub Ahmad, dan Eik Ghalathi Ka Izalah, Mirza mengaku nabi, rasul, mukmin pertama, kafirnya orang yang tidak beriman kepadanya, kedatangan Jibril kepadanya, turun wahyu kepadanya, laknat Allah atas orang yang kafir kepadanya, dan adanya semua perangkat kenabian pada dirinya. Dalam AD JAI, buku-buku yang diterbitkan JAI, dan penjelasan-penjelasan JAI, JAI membenarkan segala dakwaan Mirza Ghulam Ahmad, siap taat kepadanya dan kepada khalifah-khalifahnya. JAI mengatakan bahwa Mirza menjadi nabi bukan atas keinginannya, tetapi atas perintah Allah. JAI bukan hanya mengakui kenabian Mirza, tetapi juga nabi-nabi yang akan datang sampai hari kiamat. Berikut ini pemikiran dan keyakinan Ahmadiyah secara umum :

  1. Meyakini bahwa Mirza Ghulam Ahmad adalah Al-Masih yang dijanjikan.
  2. Meyakini bahwa Allah berpuasa dan melaksanakan shalat, tidur dan mendengkur, menulis dan menyetempel, melakukan kesalahan dan berjimak. Mahatinggi Allah setinggi-tingginya dari apa yang mereka yakini.
  3. Keyakinan Ahmadiyah bahwa tuhan mereka adalah Inggris, karena dia berbicara dengannya menggunakan bahasa Inggris.
  4. Berkeyakinan bahwa Malaikat Jibril datang kepada Mirza Ghulam Ahmad, dan memberikan wahyu dengan diilhamkan sebagaimana Al-Qur’an.
  5. Menghilangkan aqidah/syariat jihad dan memerintahkan untuk mentaati pemerintah Inggris, karena menurut mereka pemerintah Inggris adalah waliyul amri (pemerintah Islam) sebagaimana tuntunan Al-Qur’an.
  6. Seluruh orang Islam menurut mereka kafir sampai mau bergabung dengan Ahmadiyah. Seperti bila ada laki-laki atau perempuan dari golongan Ahmadiyah yang menikah dengan selain pengikut Ahmadiyah, maka dia kafir.
  7. Membolehkan khamer, opium, ganja dan apa saja yang memabukkan.
  8. Mereka meyakini bahwa kenabian tidak ditutup dengan diutusnya Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam, akan tetapi terus ada. Allah mengutus rasul sewaktu-waktu jika dibutuhkan. Dan Mirza Ghulam Ahmad adalah nabi yang paling utama dari para nabi yang lain.
  9. Mereka mengatakan bahwa tidak ada Al-Qur’an selain apa yang dibawa oleh Mirza Ghulam Ahmad. Dan tidak ada Al-Hadits selain apa yang disampaikan di dalam majelis Mirza Ghulam Ahmad. Serta tidak ada nabi melainkan berada di bawah pengaturan Mirza Ghulam Ahmad.
  10. Meyakini bahwa kitab suci mereka diturunkan (dari langit), bernama Al-Kitab Al-Mubin, bukan Al-Qur’an Al-Karim yang ada di tangan kaum muslimin.
  11. Mereka meyakini bahwa Al-Qadian (tempat awal gerakan ini) sama dengan Madinah Al-Munawarah dan Mekkah Al-Mukarramah ; bahkan lebih utama dari kedua tanah suci itu, dan suci tanahnya serta merupakan kiblat mereka dan kesanalah mereka berhaji.
  12. Mereka meyakini bahwa mereka adalah pemeluk agama baru yang indenpenden, dengan syarat yang indenpenden pula, seluruh teman-teman Mirza Ghulam Ahmad sama dengan sahabat Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Dari beberapa poin diatas kita bisa menilai bahwa ada perbedaan yang sangat substansial dari apa yang terdapat dalam pedoman hidup umat muslim di dalam Al-Qur’an. Salah satu contoh saja yaitu tentang kenabian yang mana dalam keyakinan Ahmadiyah yaitu Mirza Ghulam Ahmad sebagai nabi setelah Nabi Muhammad SAW. Hal ini bertentangan dengan pemahaman dalam Al-Qur’an yang menyiratkan bahwa Nabi Muhammad SAW adalah khatamun-nabiyyin, sesudahnya tidak akan datang nabi lagi, baik nabi lama maupun nabi baru. Hal tersebut juga merupakan pengingkaran terhadap ayat-ayat Al-Qur’an yang menyatakan bahwa sesudah Nabi Muhammad SAW, malaikat Jibril tidak akan membawa wahyu nubuwat kepada siapa pun, dan apabila malaikat Jibril membawa wahyu nubuwwat (wahyu risalat) satu kata saja kepada seseorang, maka akan bertentangan dengan ayat: walâkin rasûlillâhi wa khâtamun-nabiyyîn (QS 33:40), dan berarti membuka pintu khatamun-nubuwwat.

Pelanggaran HAM-kah atas Pelarangan Ahmadiyah??

Kebebasan memeluk agama, kepercayaan dan keyakinan sangat  jelas diatur dan tegas oleh konstitusi negara Indonesia yang mana diatur dalam Pasal 28 E ayat (1) dan (2) UUD’45. Pertanyaannya, sejauh mana “kebebasan” untuk memeluk suatu keyakinan itu? Tanpa ada batasankah sehingga negara tidak boleh campur tangan terhadap permasalahan tersebut? Apakah negara mutlak dianggap ‘Melanggar HAM’ apabila mencampuri urusan keyakinan warganya?

Bagi sebagian ahli hukum yang ada di negara ini, tentu saja permasalahan Ahmadiyah ini menimbulkan beda pandangan antara sesama ahli hukum dalam menerjemahkan peraturan yang ada. Sebagai contoh adalah salah seorang ahli hukum terkenal di negara ini, yaitu Adnan Buyung Nasution yang menyatakan bahwa pemerintah tidak boleh terlalu ikut campur urusan beragama warga. Ketika rekomendasi Badan Koordinasi Pengawasan Aliran Kepercayaan Masyarakat (Bakor Pakem) untuk penghentian aktivitas Ahmadiyah keluar, Adnan Buyung sangat keberatan dan menentang. Ia menegaskan pembelaannya terhadap Ahmadiyah karena—menurutnya—orang Islam tidak boleh dilarang hidup di Indonesia (Harian SIB tanggal 7 Mei 2008). Menurut beliau pemerintah tidak boleh mengintervensi keyakinan keagamaan seseorang, karena masalah itu dijamin HAM. Pemerintah memiliki kewenangan untuk menertibkan suasana social bukan membungkam dan membubarkan sebuah paham keagamaan. Yang paling penting adalah dialog persuasive agar pengikut Ahmadiyah kembali ke jalan yang benar.

Disisi lain, menurut Yusril Ihza Mahendra, satu landasan yang kuat untuk pelarangan Ahamdiyah di Indonesia adalah dengan menelusuri asal tempat kelahirannya, India yang sekarang daerah Pakistan. Di tempat kelahirannya sendiri, Pakistan Ahmadiyah dilarang dan ditetapkan sebagai paham di luar Islam dan pengikutnya sebagai non-Muslim. Jika di tempat kelahirannya sendiri, Pakistan dianggap non-Muslim dan di Arab Saudi tidak boleh naik haji karena dianggap non-Muslim, di Malaysia dilarang, di enam puluh negara dilarang, mengapa di Indonesia pelarangannya dianggap melanggar HAM di dunia lain tidak. Jadi, ketakutan terhadap pelanggaran HAM dan kesediaan menerima akidah Islam dirusak orang bisa dipahami sebagai sikap tidak terpuji.

Sebebas Apakah Kebebasan dalam Memeluk Agama dan Keyakinan Itu??

Menurut pandangan saya, “kebebasan” dalam pengertian UUD’45 untuk memeluk agama tidak dapat diartikan secara luas sehingga “kebebasan” itu meresahkan masyarakat. Beberapa orang yang pro terhadap Ahmadiyah mengatakan, hubungan vertikal manusia dengan Tuhannya itu sifatnya adalah individual, artinya ya antara orang itu dengan Tuhannya saja. Orang lain tidak bisa memaksakan keyakinannya kepada orang lain dan begitu pula orang lain tidak bisa menganggap keyakinan yg dianut orang lain sesat. “Kalau lo meyakini Nabi lo Nabi Muhammad dan ada orang lain meyakini Mirza Ghulam Ahmad sebagai nabi, apa itu mengganggu keimanan lo sebagai muslim?”, tanya seorang teman kepada saya suatu ketika. Ada lagi yang memberikan pertanyaan seperti ini, “Apa unsur-unsur pelanggaran yang dilakukan oleh Ahmadiyah jika mereka punya keyakinan berbeda dgn Islam pada umumnya, toh itu kan hubungan dia dengan Tuhannya, kalo memang salah, ya yg dapat hukuman dan dosa dari Tuhan kan mereka sendiri, kenapa manusia lain ikut menentukan dosa atau tidaknya keyakinan orang lain. Tentu saja saya jawab “Tidak..!!!” Tidak mengganggu keimanan saya sama sekali untuk tetap percaya kepada Nabi Muhammad.  Tapi perlu diingat, bahwa kebebasan memeluk agama disini tidak boleh meresahkan masyarakat dan mencederai akidah agama yang sudah ada. Resah yang seperti apa? Atau mencederai yang seperti apa?

Meresahkan atau tidak meresahkan memang subjektif dan tergantung dari setiap orang apakah dia merasa resah atas tindakan orang lain. Kita ambil contoh yang paling gampang yaitu sebuah rumah yang dihuni oleh anggota keluarga pasti mempunyai rule dan kebiasaan yang berbeda dengan anggota keluarga lain. Jika anda memasuki rumah orang lain, maka anda harus tunduk kepada aturan yang berlaku dirumah keluarga tersebut. Apabila dirumah tersebut biasa untuk tidak menyalakan TV diatas jam 9 malam, apakah anda bisa melaporkan ke Komnas HAM bahwa itu melanggar Hak Asasi anda sebagai manusia untuk menyalakan TV diatas jam 9 malam? Apabila anda ngotot untuk menyalakan TV dan kemudian anda diusir oleh pemilik rumah karena anda tidak menaati peraturan yang berlaku, apakah anda bisa protes atas tindakan si pemilik rumah bahwa dia melanggar HAM untuk hidup sebagai warga negara? Tentunya si pemilik rumah merasa resah dengan “kebebasan” yang anda miliki jika anda tidak menaati peraturan yang dibuat, dan tentunya si pemilik juga memiliki HAK ASASI yang sama dengan anda sebagai manusia yaitu mendapatkan rasa aman dan tentram sebagai pemilik rumah. Bahkan bisa saja si pemilik rumah melaporkan anda ke polisi atas tindakan anda yang dianggap meresahkan keluarga di rumah tersebut karena itu adalah BAGIAN dari HAK ASASI yang dimiliki oleh si pemilik rumah.

Hal yang sama bisa kita lihat kepada JAI yang ada di negara kita. Mereka membawa “rumah” yang sama berlabelkan nama ISLAM, dan mengaku sebagai muslim, tapi mempunyai “aturan” yang berbeda dengan “rumah” ISLAM yang sebenarnya. Seperti yang sudah saya sebutkan diatas mengenai pemikiran dan keyakinan Ahmadiyah, sudah barang tentu perbedaan keyakinan itu menimbulkan keresahan dikalangan masyarakat muslim yang memegang teguh Al-Qur’an nul Karim sebagai “aturan” di dalam “rumah” Islam. Dan ini tentu saja mencederai akidah masyarakat muslim dan Al-Qur’an. Dan dalam hal ini, masyarakat muslim berhak untuk mendapatkan rasa aman dari negara yaitu adanya sebuah proses untuk membatasi “kebebasan” JAI dalam memeluk agama.

“Tapi kan UUD’45 memberikan kebebasan memeluk agama bagi setiap orang?” Ya, itu betul sekali. UUD’45 merupakan konstitusi tertinggi di negara ini yang menjamin hak warga negaranya dalam hidup bernegara. Tapi perlu diingat bahwa ada aturan di bawahnya yang dibuat untuk menjalankan peraturan diatasnya yang masih general menurut UU No. 10 Tahun 2004. Adalah UU No. 1 Tahun 1965 tentang Pencegahan Penyalahgunaan dan/atau Penodaan Agama yang mengatur mengenai “kebebasan” manusia dalam beragama, selain KUHP.

Sebagai contoh, apabila negara menjamin kebebasan beragama bagi umatnya, bolehkah saya menyerang agama lain yang tidak saya percaya dengan kata-kata yang menimbulkan fitnah? “Agama X itu ga bener tuh, masa Tuhannya Y, kan si Y kan …bla..bla..bla..” atau saya mengaku sebagai nabi atau tuhan Agama X dan mengatakan bahwa yang tidak percaya kepada saya maka golongan Agama X lain sesat. Bisakah “kebebasan” itu sebebas itu? Apabila negara menjamin kebebasan warganya berpendapat, bisakah saya bebas mengeluarkan pendapat saya untuk orang lain seperti ini, “Wah pejabat X itu kaya sekali, uda pasti dia korupsi” dll. Bagaimana perasaan anda jika sebagai umat mengetahui ada orang yang menyebarkan agama anda dengan cara yang tidak benar dan tidak sesuai dengan akidah kitab suci? Apakah diam saja? Sama halnya dengan Kristen Unitarian yang dianggap sesat oleh pihak gereja akibat tidak sesuai dengan pedoman dalam kiab suci agama Kristen. Bahkan di Bandung, massa menggerebek dan menghancurkan tempat ibadah sekteHari Kiamat pimpinan Mangapin Sibuea.

[http://www.kompas.co.id/utama/news/0311/14/155041.htm]

Semua contoh yang saya berikan itu tentu akan menimbulkan keresahan bagi setiap orang jika “kebebasan” tersebut tanpa batas. Bahkan aliran agama manupun akan resah jika ada orang lain yang menyebarkan agamanya tapi tidak sesuai dengan akidah mereka. UU No. 1 Tahun 1965 tentang Pencegahan Penyalahgunaan dan/atau Penodaan Agama dibuat untuk menjaga kerukunan beragama di negara ini. “Mahkamah Konstitusi berpendapat UU ini dibutuhkan sebagai pengendali ketertiban umum dalam rangka kerukunan umat beragama,” ujar Hakim Konstitusi Akil Mochtar dalam sidang pembacaan putusan di Mahkamah Konstitusi, Senin (19/4) [Tempo, 19 April 2010]. UU itu tidak membatasi kebebasan beragama, namun membatasi tindakan yang bersifat permusuhan, penyalahgunaan atau penodaan terhadap suatu agama.

Banyak tanggapan beragam mengenai kontroversi aliran JAI yang ada di Indonesia. Seperti yang sudah saya uraikan diatas, isu mengenai JAI sudah terlanjur “memanas” dan belum ada solusi yang baik buat para pihak. Pendapat saya sendiri yaitu ada 2 pilihan berkaitan dengan masalah Ahmadiyah ini yaitu :

  1. Ahmadiyah membuat agama sendiri dan tidak menjadi bagian dari Islam. Karena dalam hal ini Islam sudah mempunyai pedoman yang jelas dalam Al-Qur’an dan Al Hadist. Apabila Ahmadiyah menganggap dirinya bagian dari ISlam, maka Ahmadiyah tidak bisa memaksakan keyakinannya seperti yang diutarakan diatas dan umat Ahmadi sadar akan kebenaran Al-Qur’an nul Karim serta Nabi Muhammad sebagai khatamun-nabiyyin.
  2. Pemerintah harus tegas terhadap para umat JAI. Kalau dibiarkan masalah ini berlarut larut, maka dikhawatirkan akan timbulnya korban bagi masyarakat yang lain. Kalau sekedar membubarkan sebuah aliran yang dianggap sesat memang mudah, tapi bagaimana melindungi mereka dari ancaman dari pihak lain butuh sebuah usaha dan perhatian ekstra dari pemerintah.
  3. Komunitas agama hendaknya saling menyerukan pentingnya kedamaian lewat para pemuka agama, tidak menyakiti orang lain dan menghancurkan kehidupan orang lain.

Semoga kedamaian tetap berada di negeri ini..

1 Comment

Filed under General

Bayi koala ditembak 15x dan KRITIS

Polisi Queensland melakukan investigasi orang yang menembak seekor bayi koala yang masih hidup tergeletak disamping ibunya yang telah mati ditembak juga.

Hewan kecil ini, yang terakhir dinamakan Frodo, terluka dengan tengkorak retak, dan peluru senapan ditemukan diseluruh tubuhnya, ususnya juga telah berada dalam keadaan rusak.

Penembakan ini terjadi di pesisir Sunshine, sebelah utara Brisbane, Australia, dan walau ibunya tidak dapat diselamatkan lagi, para dokter berusaha melakukan segalanya untuk menyelamatkan bayinya.

Kejam : Dalam tubuh Bayi Koala ini, ditemukan 15 butir peluru tertanam ditubuhnya, tetapi secara ajaib masih mampu diselamatkan. Para dokter mengeluarkan butiran peluru ini secara bertahap, seiring apabila tubuh Frodo makin kuat.

Perut dan lobang2 diusus telah disembuhkan dan 3 butir peluru telah dikeluarkan, termasuk yang di bagian tengkorak, tetapi masih ada 12 butir yang belum bisa dikeluarkan.

“Bayi ini berada dalam kondisi kritis, tetapi jika kondisinya bisa lebih stabil, barulah proses pembedahan untuk mengeluarkan peluru dan penyembuhan bisa dilanjutkan” kata dokter Amber Gillett.

Miss Gilletts mengatakan bahwa pembuluh darah Frodo sedang disuntik antibiotik, dan cairan penahan sakit, dan juga transfusi darah.

“Kami terkejut melihat tindakan sedemikian brutal terhadap binatang, dan tidak dapat memahami bagaimana seseorang bisa menembak koala yang sama sekali tidak berbahaya” tambahnya.

Mark Townend, staff seniur di RSPCA, mengatakan organisasi mereka akan memberikan bantuan sebisa mungkin untuk mencari pelaku dan menghukumnya. Para warga australia yang marah, juga meneriakkan pencarian oknum segera untuk mendapatkan hukuman.

Koala telah dinyatakan sebagai spesies yang dilindungi sejak tahun 1930, setelah jumlah mereka menurun secara drastis, Banyak orang mengirimkan doa untuk Frodo, agar segera sembuh. Frodo masih berada dalam kondisi kritis di rumah sakit alam liar di Sunshine Coast.

Hukuman maksimal untuk menembak koala adalah denda USD 225.000 atau 2 tahun dipenjara.

Leave a comment

Filed under General

Derby Slancio Di Vita

Tanggal 23 Maret lalu diadakan laga amal yang melibatkan Juventus vs Torino di Stadion Olimpico Turin dalam rangka pemberantasan penyakit Soluble Liver Antigen (SLA). Menariknya, dalam laga ini kedua tim menampilkan para legenda pemain kedua tim seperti Zidane, Nedved, Vialli, Ravanelli di Juventus , sedangkan di Torino ada Fabio Galante, Luca Bucci, Luca Marchegiani dan masih banyak legenda lainnya

Pertandingan ini berakhir dengan skor 2-2 dan hasil dari pertandingan ini yaitu sebesar 223 ribu  (sekitar 2,7 milliar rupiah) akan disumbangkan untuk mendukung penelitian melawan penyakit yang menyerang syaraf manusia Soluble Liver Antigen (SLA).

Laga ini diadakan atas permintaan seorang penderita penyakit SLA bernama Michele Riva, yang dihadirkan di tengah lapangan dengan dituntun oleh Alessandro Del Piero melalui kursi rodanya. Pemerintah Kota Turin dan yayasan sosial yang dibentuk oleh Gianluca Viall mendukung terlaksananya acara ini.

Dan wasit yang memimpin pertandingan ini adalah Roberto Rosetti. Pasti timbul pertanyaan, kenapa bukan Pierluigi Collina? Karena Rosetti berasal dari Turin.

 

 

Called up players for Juventus: 

Goalkeepers: Antonio Chimenti, Michelangelo Rampulla, Stefano Tacconi.

Defenders
: Antonio Cabrini, Massimo Carrera, Antonello Cuccureddu, Luigi De Agostini, Claudio Gentile, Mark Iuliano, Paolo Montero, Sergio Porrini, Massimo Storgato, Moreno Torricelli, Igor Tudor, Pietro Vierchowod.

Midfielders:  Massimo Bonini, Franco Causio, Edgar Davids, Giuseppe Furino, Roberto Galia, Giancarlo Marocchi, Domenico Marocchino, Massimo Mauro, Pavel Nedved, Alessio Tacchinardi, Roberto Tavola, Beniamino Vignola, Zinedine Zidane.

Forwards:  Corrado Grabbi, Michele Padovano, Fabrizio Ravanelli,
Gianluca Vialli, Christian Vieri.

Coach:  Marcello Lippi.
Vice Coach: Gianluca Pessotto.

 

Leave a comment

Filed under Juventini's Zone